Senin, 03 November 2014

Perintah Dasar Linux

Perintah-perintah Dasar di Linux

System operasi Linux pada umumnya didistribusikan dengan telah dilengkapi dengan berbagai macam program yang digunakan untuk melakukan berbagai macam hal seperti melakukan manajemen file, manajemen jaringan, teks editor, dan lain-lain. Berikut beberapa perintah dasar yang ada di Linux :
1.      Manipulasi file
File pada direktori di Linux dapat dilihat dengan intruksi $ Is. Ada banyak opsi dari Is, silakan baca manualnya dengan perintah man Is.

2.      Melihat isi file
Untuk melihat isi file dapat digunakan intruksi seperti cat, more, less, dan lain-lain.

3.      Menyalin file
Perintah cp digunakan untuk menyalin file dengan format cp [option] fileasal filetujuan. Contoh, menyalin file dari /etc/passwd dan diberi nama f1 menggunakan intruksi cp /etc/passwd file1.

4.      Mengubah nama file atau direktori
Intruksi mv digunakan untuk mengubah nama suatu file atau direktori, misal mv file1 file2 akan mengubah file1 menjadi file2

5.      Menghapus file
File dalam Linux dapat dihapus menggunakan instruksi rm, misal rm file2 akan menghapus file2

6.      Membuat direktori
Untuk membuat direktori digunakan perintah mkdir.

7.      Menghapus direktori
Intruksi untuk menghapus direktori dapat digunakan perintah rmdir dengan catatan direktori harus sudah kosong. Perintah rm –r juga dapat digunakan untuk menghapus suatu direktori baik kosong maupun isi.

8.      Navigasi direktori
Perintah cd digunakan untuk berpindah dari suatu direktori ke direktori lain.


Sumber :

Ema Utami, S.Si., M.Kom. dan Suwanto Raharjo, S.Si., M.Kom. ---- . Struktur Data Menggunakan C di GNU/Linux. Yogyakarta : Andi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;