Senin, 03 November 2014

Kekurangan dan Kelebihan Linux

Kekurangan dan Kelebihan Linux

Kelebihan Linux
1.      Murah
Harga jual perangkat lunak Linux hamper 99% tidak dipungut biaya. Biasanya, sisa biaya 1% merupakan harga di luar pembuatan perangkat lunak Linux, seperti biaya penggandaan CD, biaya pengiriman dan lainnya.

2.      Legal
Legalitas perangkat lunak Linux terjamin karena Linux menggunakan GNU Public License (GPL) sehingga kode program yang ada turut diikutsertakan dan setiap orang berhak untuk memakainya secara bebas sesuai dengan kebutuhan.

3.      Tidak memerlukan perangkat keras yang sama sekali baru
Linux bias saja dipakai untuk komputer-komputer yang lama dan tidak mampu menjalankan spesifikasi perangkat keras yagn dituntut system operasi baru tersebut cukup tinggi. Namun, Linux tentu saja dapat dipakai pada computer baru dengen spesifikasi yang cukup tinggi.


4.      Multi-User
Seperti pendahulunya, system operasi Linux juga mendukung multi-user, yaitu pada saat yang sama mampu menangani lebih dari satu user sekaligus. Apapun aplikasi yang dipakai, entah berupa sebuah aplikasi yang dipakai bersamaan ataupun aplikasi yang berbeda, maupun dijalankan sekaligus.

5.      Handal dalam jaringan
Dalam hal pengelolaan jaringan, Linux telah dikenal cukup handal. Ia mampu mengelola proxy internet sehingga user dapat berkoneksi secara bersama-sama dengan satu user, distribusi surat elektronik (e-mail) ke seluruh client, serta mampu menjaga dari bahaya pengintaian user lain dalam satu jaringan.

6.      Kecepatan perbaikan cacat (bug)
Kecepatan dalam perbaikan bug lebih dapat diandalkan. Ini dapat terjadi karena ketersediaan kode program untuk diperoleh oleh banyak orang dapat membantu kita melihat proses yang terjadi pada program tersebut. Jika terjadi bug akan, lebih mudah memperbaikinya. Di samping itu, dukungan dari banyak pengguna mahir Linux untuk menutup bug mampu mempercepat perbaikan.

7.      Stabilitas
Linux merupakan system operasi yang stabil, karenanya anda tidak perlu takut terjadi crash pada saat menjalankan program aplikasi. Anda cukup menutup program tersebut tanpa perlu merestart computer.

Kekurangan Linux
1.      Waktu belajar
Bagi pengguna usia muda, system ini cukup menarik untuk dipelajari terutama bagi yang masih duduk di bangku pendidikan. Namun, hal ini tampaknya tidak terjadi pada sebagian besar pengguna dengan usia di atasnya yang sudah mapan dengan system operasi sebelumnya. Diperlukan waktu untuk belajar kembali karena system operasi Linux agak berbeda dengan system operasi Microsoft Windows. Semangat belajar pada sebagian pengguna tersebutlah yang seringkali menjadi kendala untuk mempelajari system operasi baru, termasuk Linux.

2.      Kurangnya dukungan aplikasi client
Belum tersedia banyak program aplikasi setara dengan program aplikasi yang terdapat di Microsoft Windows (misalkan AutoCAD, SPSS, atau yang lainnya). Kalaupun sudah ada, biasanya belum sehebat yang berjalan di Microsoft Windows. Meskipun di masa mendatang kemungkinan tersedianya aplikasi tersebut selalu ada (seiring dengan kepopuleran Linux di masyarakat), keadaan ini bias menjadi kelemahan Linux. Pada saat ini aplikasi yang telah didukung berbagai distro Linux secara meluas sudah mencapai aplikasi administrasi kantor, aplikasi desain grafis, aplikasi permainan, database, dan tentu saja aplikasi jaringan.

3.      Terlalu banyak variasi
Banyaknya distribusi Linux yang ada di samping memberikan kebebasan seluas-luasnya dalam memilih, juga dapat mempersulit seseorang untuk memilih distribusi mana yang cocok untuk dirinya atau organisasinya. Selain itu, setiap distribusi seringkali melakukan penempatan lokasi atau direktori instalasi program aplikasi dan file-file library yang dibutuhkan pada lokasi yang berbeda-beda. Berbeda dengan Microsoft Windows yang selalu meletakkannya di direktori Windows atau /Windows/System. Permasalahan ini tentunya akan muncul jika anda sering berpindah distro Linux.


Sumber :

Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom. 2004. Membangun Jaringan Komputer dengan Linux. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;