Sabtu, 22 Oktober 2016

Pengertian Authorization dalam keamanan database


AUTHORIZATION 

Salah satu tujuan dari security adalah menjamin agar resource hanya boleh diakses oleh orang yang berhak dan orang yang berhak itu bisa mengakses resource tanpa halangan.

Authorization adalah proses menentukan apa sajakah layanan yang bisa dinikmati pengguna yang telah jelas identitasnya (authenticated user). Jadi sebelum ada authorization, harus melalui proses authentication. Identitas yang telah dibuktikan di proses authentication menjadi dasar untuk menentukan layanan yang berhak dinikmati seorang pengguna.

Logikanya adalah tanpa mengetahui siapa anda, saya tidak tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk anda. Jadi tanpa authentication tidak ada authorization. Contohnya setelah saya tahu anda adalah Tukul Arwana, maka saya tahu anda boleh memandu acara empat mata, dan tidak boleh memandu di acara Dorce Show. Biasanya pengguna yang tidak ter-otentikasi (anonymous guest) tetap bisa menikmati layanan, namun dengan akses yang sangat terbatas.


Hubungan antara client,server,authentication dan authorization system bisa dilihat pada gambar di atas. Client sebelum bisa menikmati layanan server harus melalui proses authentication. Setelah authentication berhasil akan terjalin hubungan trust antara client dan server sehingga cukup sekali saja authentication sampai client logout/keluar. Selanjutnya setiap ada permintaan layanan, server akan menghubungi system authorization untuk menentukan apakah client tersebut berhak atas layanan yang dimintanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;